Review paket data horror indosat, terlalu khayal untuk dibeli

Pepatah mengatakan, “hal yang terlalu indah untuk menjadi nyata memang menipu”.

Saya mau berbagi pengalaman dari paket Yellow Rp. 1000/1 GB harian, sampe Unlimited Jumbo 165 ribu, dan selalu ketiban sial entah kenapa.

Pertama beli kartu indosat 1 GB 15 ribu.
Pertama-tama kejadian pulsa habis padahal kuota lokal masih ada 500an MB, oke lah kuota lokal mungkin yang dijual orangnya kartu dari kota lain karena desa saya perbatasan.

Beli lagi paket Yellow 1 GB, perasaan cepet banget habis. Perasaan saya ngga enak kayaknya billingnya tidak beres, karena sebelumnya pakai si biru juga nda gini amat, usagenya kuota selalu sama dengan device saya. Ini 600 MB si kuning udah kurang ajar dihitung 940 MB.

Okelah mungkin saya yang teledor.

Kedua kejadian lagi, paket Yellow, kuota cepet habis. Bagian sini makin seru, kuota masih 60 MB pulsa sudah disedot habis 8000. Si Biru 3 MB aja masih bisa dipakai.

Udah nomor call center di *123# disembunyikan supya susah telponnya, billing kuota internet rusak, habisin pulsa orang lagi.

Ketemu juga habis Googling cari customer care Indosat. Karena jengkel pulsa berkurang terus 400/panggilang tapi ga diangkat-angkat, akhirnya saya tulis form keluhan di website dengan tulisan sama seperti diatas, akhirnya pulsa 8000 kembali.

Besoknya kena lagi! Saya habis 14000 pulsa! Kapok, f*ck, f*ck, f*ck! Janc*k, Janc*k, Janc*k! Son of a b*tch! Mbokne anc*k!!

Akhirnya libur internet, dan selalu cari wifiid aja beberapa hari.

Sebelumnya sebulan lalu ibu saya register paket 20 ribu, ntah berapa GB waktu itu, tiba-tiba ada pemberitahuan kuota habis menggunakan hitungan perKB, pulsanya ilang 140 ribu, padahal ada SMS paket aktif. Lucunya kita register pake HP senter yang tidak ada fitur internet! Kemana perginya itu kuota?!

Terakhir karena saya jengkel, muak lihat paket khayal harga murah yang kuotanya hitung-hitungannya ga jelas entah itu per kilobit atau kilobyte, saya beli pake Jumbo Unlimited 165 ribu! Bukan karena kaya atau banyak duit, memang butuh buat kerjaan!

Hari pertama, mantap euy, unlimited! F*ck yeah! Bodo amat ama kuota! Youtube seharian pelampiasan, nonton video sains di Youtube, nonton kucing-kucing imut randomly, yeay!

Setelah pemakaian 50an GB, lambat setengah mati, 14 KB/s 4G, tidak bisa dipakai internet di 3G. Kemudian saya penasaran, berapa FUPnya, padahal katanya true unlimited. Saya browse websitenya, GA ADA INFORMASI FUP!

Pertama saya mau telpon 185, saya mau tanya berapa sebenarnya.FUP IM3

Kemudian saya coba lagi menelpon 185, sama saja tidak berguna, selalu tidak diangkat.

Akhirnya saya buat form keluhan dari website, dan apa jawab CSnya?

“Sebagai informasi tambahan untuk paket unlimited jumbo dari kami tidak melakukan penerapan FUP untuk paket kuota”.

Saya tidak berani mempublikasikan seluruh screenshot email karena hal berikut:

“This message is intended only for recipients who are authorized to receive it.
It contains confidential and/ or legally privileged information belonging to PT INDOSAT Tbk (“INDOSATOOREDOO”), therefore the authorized recipients shall  protect this confidential information disclosed pursuant to provisions of Indosat’s policy.
If you are not a valid recipient of this message, please delete it from your system and/ or destroy all of the tangible material produced from the information herein together with all copies or reproductions thereof and notify the sender immediately.
Please also be notified that any disclosure, copying, distribution or taking any action based on the contents of this message is strictly prohibited and may be unlawful”.

Saya tidak mau macam-macam, dari pada sial kan.

Bagi badan pemerintah yang mau menyelidiki kasus ini entah BRTI atau Kominfo atau semacamnyalah, silahkan hubungi saya lewat twitter: @dio_affriza, saya bersedia memberikan akses remote ke PC saya soal keaslian konten email dari Customer Care Indosat. Kebetulan tidak ada email yang saya hapus, jadi bisa dibutuhkan di saat seperti ini.

Saya tidak tahu ini bug billing, masalah miss communication dengan CS indosat, atau memang kesengajaan operator seluler, saya harap segera diperbaiki. Tolong Indosat juga lebih transparan mengenai FUP dan Kuota Yellow.

18 thoughts on “Review paket data horror indosat, terlalu khayal untuk dibeli

  1. sama kayak gua, tapi entah kenapa beberapa bulan yg lalu saya beli internet unlimited jumbo. saya pake udah 80Gb lebih tapi tetep lancarr jaya buat youtube-an. tapi 2-3 bulan belakangan ini, setelah pemakaian 50Gb an udah lelet banget.

    Like

  2. Ternyata gak saya doang yg ngerasain setelah 50gban leletnya bikin pengen banting hape.. kenapa gak di tulis aja gitu FUP 50gb.. gak usah di umpet2in…

    Like

  3. Kurang lebih sama kang, udh komplain tapi ga selesai. Kuota di aplikasi masih 4gb dibilang sudah melebihi batas pemakaian padahal selama ini banyak pakai youtube aj kan katanya ?unlimited?. Sudah 4 bulan pakai jumbo di 2 nomor yg saya rasain, 20gb pemakaian turun kecepatan, 40gb udh susah jd hotspot di pake sendiri aj parah. Nasib kyaknya perlu cari alternatif yg lain.

    Like

  4. Wah pantes ya 70rb dapet 7gb + bisa unlimited youtube, ternyata harus diragukan. Ga tanggung2 lagi, speednya bisa turun sampe cuma 20kb/s, sekalian aja matiin biar bisa langsung beli kartu lain.

    Udah bener2 kapok deh pake indosat ketipu marketing yang boong semua, udah pengalaman berapa paket internet yang ga sesuai dengan ketentuannya.

    Like

  5. Sering banget pakai indosat pulsa hilang sendiri, pernah juga kejaian dah beli paket unlimited jumbo baru sehari dipakai tiba-tiba paket hilang sendiri dan setelah hubungi CS ga ada respon/direspon cuma katanya sistem erroe..Btw dah ada ratusan ribuan pulsa hilang tanpa jejak oleh indosat ooredoo….zzz

    Like

  6. Makin lama berati makin kecil ya batas pemakaian nya, dari 80gb, 50gb, trus sekarang gw baru ngabisin 25gb aja speed udh mentok di 70kbps-_-

    Like

  7. Emang bangsat indosat.. Entah siapa yg salah ❌ CEO nya apa kepala divisinya yang bangsat.. Dulu indosat pujaan kaum misqin pelajar n mahasiswa gak kaya sekarang. Gw pake indosat udah dari 2005..sayang aja ganti nomor udah ngelink kemana-mana. Kuota gak jelas dipartisi pake fup lah pake quota kampret lah.. 😅 Pulsa dah ratusan ribu kesedot. Daftar paket ini kl perpanjangan sengaja banget gagal padahal pulsa cukup. Tau2 habis pulsanya kepake buat internet.. Kan aneh banget.. Komplain di Twitter juga gak memuaskan. Mau berkata kasar takut sial malah konsumen yg dibui.. Fuuuccckk indosat

    Like

  8. saya biasa pakai unlimited 7GB, 2 bulan belakangan ini setelah pemakaian 10GB speed turun jadi 250Kbps, nyari2 soal FUP gak ketemu, yah sudahlah mending pakai operator lain dgn harga sama dapat kuota lebih.

    Like

  9. gan… ane juga kena yg paket unlimited jumbo Rp 150,000…sial…pake nya masih dibawah 50GB sdh lemot kyk kura kura.. untuk indosat mendingan kasi transparan aja berapa FUP nya… jgn bermain curang… ane tel ke cs, katanya tidak FUP… tp ketika kok bs lemot, alasannya karena pemakaian diluar batas kewajaran.. trus ane nanya emang sampai hari ini penggunaannya uda brp GB? lalu dijawab cs nya, kami tidak bisa cek… walah. kyknya ngomong dengan robot aja… gan, mending di post ke https://www.change.org/ untuk online petition.. pasti banyak yg kan sign.. termasuk ane…

    Like

    1. Jangankan unlimited, paket Freedom aja dilimit usagenya perhari langsung speed diturunkan. Parah banget ga transparannya.

      Like

      1. Benar gan.. Gua coba beli paket freedom yg rp 100,000, baru dipakai 10++ gb sdh di limit, fuck.. Padahal masih ada sisa bbrp gb lg.. Ane protes ke Indosat via Live Chat myim3.. CS nya tdk bs byk membantu.. Jawabannya itu itu aja.. Dilimit system.. Padahal ini paket kuota loh.. Gua beli 20 gb, mau gua habiskan dalam 1 hari ya terserah ane.. Yg penting ane bayar n tdk mengunakan untuk hal hal ilegal.. Kapok deh pake indosat

        Like

      2. Kalau saya sekarang pake Smartfren Unlimited, cukup puas. FUPnya dihitung perhari dan transparan jadi lega.

        Like

  10. Parah bener nih indosat. Ternyata mental penipunya masih ada ga tobat2. Mana pulsa kesedot secara ghaib, sms berlangganan tanpa konfirmasi pelanggan dan sekarang paket kuota tipu2

    Like

  11. Beli paket unlimited jumbo pas ultah indosat 20 november kemarin dapet harga 65000 di shopee, awal make di apps myim3 gak keliatan ada fup jadi hajar aja buat aplod dokumen&foto ke gdrive, browsing “ena-ena”, dll.
    Eh setelah 2 minggu pas iseng cek apps myim3 baru ketahuan ada fup 29,9 GB. sial kau isat orarido

    Like

  12. Update, saya sekarang beralih ke pake Smartfren Unlimited 65 ribu/bulan untuk kebutuhan sehari-hari dan Telkomsel Loop 50 ribu/bulan 3 GB untuk bermain game. Kalau dihitung-hitung saya lebih hemat 50 ribu dari pada paket Indosat Unlimited Jumbo 165 ribu/bulan.

    Untuk game cuma butuh koneksi stabil seperti Moba Dota ataupun Onmyoji Arena tapi tidak menggunakan banyak kuota, saya rekomendasikan Telkomsel.

    Untuk Youtube dan download saya pakai Smartfren, cukup memuaskan, tidak ada downspeed tanpa pemberitahuan, FUPnya jelas dihitung 1 GB/hari, dapat SMS pemberitahuan kalau mencapai FUP, dan speed setelah FUPpun masih bisa buat buka Youtube.

    Like

Leave a comment